KPU PROV SULTRA LIBATKAN MITRA KERJA SUSUN DIM SUBSTANSI MATERI PENCALONAN PEMILU 2019

23414430_10203708644952506_782955266_n-600x450

Kendari, sultra.kpu.go.id. Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2019 telah berlangsung, Komisi Pemilihan Umum sebagai lembaga negara yang diberi amanah oleh Undang-Undang untuk menyelenggarakan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 hingga saat ini terus merapungkan regulasi berupa Peraturan KPU yang mengatur pelaksanaan teknis tahapan, salah satunya yaitu Peraturan KPU tentang Pencalonan Pemilu Tahun 2019.

Sebagai lembaga publik, dalam menyusun peraturannya KPU turut melibatkan instansi/lembaga lain maupun pihak-pihak yang merupakan mitra kerja KPU dalam menyelenggarakan Pemilu. Hal ini tercermin dari kebijakan KPU yang memerintahkan KPU Provinsi se Indonesia untuk melakukan evaluasi pelaksanaan Pemilu sebelumnya khususnya menyangkut tahapan Pencalonan, perintah KPU tersebut sebagaimana tertuang melalui surat Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum Nomor 1169/PL.01.4-SD/06/SJ/IX/2017 tanggal 27 September 2017 perihal Pelaksanaan Kegiatan Penyusunan DIM Substansi Materi Pencalonan.

Merujuk surat sekjend KPU tersebut, KPU Provinsi Sulawesi Tenggara Menggelar Rapat Penyusunan Daftar Inventaris Masalah (DIM) Substansi Materi Pencalonan pada tanggal 7-8 November 2017 bertempat di Hotel Clarion Kendari dengan mengundang instansi/lembaga lain maupun pihak-pihak yang merupakan mitra kerja KPU dalam menyelenggarakan Pemilu seperti Bawaslu, Kepolisian, BNN, IDI, Pengadilan, Pertuni maupun Akademisi dan Komunitas Peduli Pemilu Sulawesi Tenggara termasuk KPU Kabupaten/Kota.

Iwan Rompo Banne selaku Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tenggara/Kordiv Teknis mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan atas dasar perintah KPU RI kepada KPU Provinsi Se Indonesia termasuk KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, ada pun isu strategis yang menjadi pokok pembahasan oleh KPU Prov Sultra bersama peserta rapat yaitu dengan merujuk pada tema-tema yang telah ditentukan oleh KPU RI, diantaranya :

  1. Syarat Calon
  2. Syarat Pencalonan
  3. Penelitian Administrasi
  4. Pemeriksaan Kesehatan
  5. Penetapan DCS dan DCT
  6. Penyampaian dan Tindaklanjut Tanggapan Masyarakat

Lebih lanjut menurut Iwan Rompo Banne, seluruh DIM yang diperoleh dari rapat ini akan disusun dalam satu buah laporan yang akan disampaikan kepada KPU RI, “jika melihat dari maksud surat Sekretaris Jenderal KPU RI bahwa DIM yang tersusun tersebut akan menjadi bahan masukan bagi KPU RI dalam membuat Peraturan KPU tentang Pencalonan Anggota DPR, DPD dan DPRD serta juga Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019”. (PPID KPU Prov Sultra)

 

One thought on “KPU PROV SULTRA LIBATKAN MITRA KERJA SUSUN DIM SUBSTANSI MATERI PENCALONAN PEMILU 2019

  1. Pingback: My Homepage

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *