BAHAS PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH, KPU PROVINSI SULAWESI TENGGARA UNDANG PEMERINTAH KAB/KOTA SE SULTRA

23601932_10203726276953295_1674576042_n-600x450

 

Kendari, sultra.kpu.go.id. Senin, 13 November 2017, KPU Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Tahun 2018. Bertempat di Hotel Grand Clarion Kendari, KPU Provinsi Sulawesi Tenggara bersama Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Sulawesi Tenggara melakukan pembahasan bersama terkait data pemilih. Acara yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara turut menghadirkan Kepala Daerah dan Kepala Duscapil Kabupaten/Kota Se Sulawesi Tenggara.

Pemutakhiran Data Pemilih merupakan salah satu tahapan yang selama ini turut berkontribusi terjadinya permasalahan dalam setiap momen Pemilu maupun Pemilihan Kepala Daerah, kesadaran akan hal tersebut sehingga KPU Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar acara rapat koordinasi ini.

Hidayatullah, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara mengungkapkan bahwa Rakor ini sebagai langkah persiapan KPU Provinsi Sulawesi Tenggara dalam menyelenggarakan Pilgub Sultra 2018 yang sebentar lagi akan memasuki tahapan Pemutakhiran Data Pemilih. Lebih lanjut Hidayatullah mengatakan pihaknya berharap dengan terselenggarakannya rakor ini, sejak awal kita dapat mengetahui dan meminimalisir potensi permasalahan pemutakhiran data pemilih, hal ini pun yang melatarbelakangi KPU Provinsi Sulawesi Tenggara mengundang pemerintah daerah kab/kota termasuk dinas kependudukan dan catatan sipil masing-masing kab/kota. “Pemerintah daerah melalui dinas dukscapilnya menjadi salah satu ujung tombak dalam melakukan pemutakhiran data pemilih”.

Melalui rapat yang turut dihadiri Komisioner KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi Sulawesi Tenggara sangat mengharapkan dukungan yang optimal dari pemerintah daerah, mengingat basis data bersumber dari pemerintah kabupaten/kota yang disinkronisasikan oleh kemendagri secara nasional dan diturunkan kemabli ke daerah dalam bentuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4). (PPID KPU Prov Sultra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *