SOSIALISASIKAN PILGUB SULTRA 2018, KPU PROV SULTRA SASAR SEGMEN KEAGAMAAN

Kendari, sultra.kpu.go.id – Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Tahun 2018, KPU Prov Sultra secara intens melakukan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih kepada masyarakat, salah satunya KPU Prov Sultra malakukan sosialisasi dengan menyasar segmen keagamaan di Wilayah kecamatan Kadia – Kota Kendari, bertempat di Aula Kantor Lurah Kadia, Jumat, 17 November 2017.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Sekretaris Kota Kendari, Anggota KPU Kota Kendari, Camat Kadia, Lurah se Kecamatan Kadia, PPK Kecamatan Kadia dan masyarakat.

Anggota KPU Provinsi Sultra, Tina Dian Ekawati Tarida, SH., MH yang di daulat membuka acara mewakili Ketua KPU Prov Sultra mengatakan, bahwa pihaknya sengaja memilih Kecamatan Kadia sebagai sasaran kegiatan sosialisasi Pilgub Sultra 2018, mengingat saat ini kecamatan tersebut memiliki pertumbuhan penduduk yang terus berkembang, dengan latar belakang masyarakatnya yang sangat plural dalam hal pemeluk keagamaannya. 

Lebih lanjut Tina berharap, dengan kegiatan sosialisasi ini masyarakat dapat lebih mengetahui terkait hak dan kewajibannya dalam pemilihan. “Informasi yang diperoleh dari kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat lebih cepat tersebar luas ke masyarakat, salah satunya melalui forum-forum keagamaan,” harapnya,

Kegiatan Sosialisasi ini di isi dengan penyampaian materi dari Kordiv SDM dan Parmas KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. La Ode Abdul Natsir yang dipandu oleh Bapak Asril selaku Anggota KPU Kota Kendari Divisi SDM, Pendidikan Pemilih dan Parmas.

Dalam pemaparannya, dia menyampaikan beberapa pokok-pokok informasi, yakni hak dan kewajiban masyarakat dalam pemilihan, cara terdaftar sebagai pemilih dan cara menyalurkan hak pilihnya. Kemudian, perjalanan data/angka partisipasi pemilih dalam setiap pemilihan, khususnya di Kota Kendari dan target partisipasi pemilih dalam Pilgub Sultra 2018 sebesar 77,5 persen serta hari dan tanggal pemungutan suara pilgub sultra yang akan dilaksanakan pada Hari Rabu, 27 Juni tahun 2018.

Selain materi-materi pokok tersebut, La Ode Abdul Natsir juga mengharapkan peran dan dukungan pemerintah daerah Kota Kendari, dalam menyukseskan Pilgub Sultra termasuk dalam meningkatkan partisipasi pemilih. “Kerja sama bersama pemerintah daerah seperti yang kita lakukan pada hari ini guna mewujudkan sinergitas antara penyelenggara dan pemerintah untuk memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif tidak hanya sebatas menyalurkan hak pilih, tetapi juga tahapan-tahapan pemilihan lainnya, seperti pada saat pendataan pemilih.”

Selain dari unsur KPU, materi juga di sampaikan oleh Sekretaris Kota Kendari, Alamsyah Lotunani yang dalam pemaparannya menyampaikan dukungan pemerintah pada Pilgub Sultra. Diantaranya dukungan fasilitas dan personil untuk penyelenggara, sosialisasi Pilgub Sultra, menjamin kelancaran transportasi distribusi logistik pemilihan dan monitoring jalannya pemilihan, serta dukungan basis data pemilih,dan hal-hal lain yang dianggap perlu sesuai kewenangan dan aturan yang ada,” jelas Alamsyah.

dalam kegiatan sosialisasi ini, KPU Prov Sultra juga memberikan marchendise kepada peserta yang aktif, baik yang bertanya maupun mampu menjawab pertanyaan seputar penyelenggaraan Pilgub Sultra tahun 2018. (PPID KPU Prov Sultra)