PASANGAN CALON NANAS DAN SALAK UNGGUL DALAM PEROLEHAN SUARA

Kendari, sultra.kpu.go.id, Pelaksanaan kegiatan Fisip Fest di hari ke dua yang merupakan kerja sama antara FISIP – UHO dan KPU Provinsi Sulawesi Tenggara yang bertajuk Anak Muda Memilih di isi dengan simulasi penghitungan suara di TPS, puluhan Mahasiswa peserta kegiatan mengikuti jalannya simulasi, kegiatan simulasi ini dilaksanakan di lapangan sepak bola Universitas Halu Oleo, Minggu 10 Desember 2017. Proses simulasi tata cara pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara dipantau langsung oleh KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, masing-masing Hidayatullah (Ketua KPU Prov Sultra), Iwan Rompo Banne dan La Ode Abdul Natsir (Anggota KPU Prov Sultra). Sebelum dimulainya simulasi pemungutan suara terlebih dahulu KPU Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Kordiv Teknis, Iwan  Rompo Banne memberikan penjelasan terkait proses dan tata cara penghitungan.

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara yang hadir ditempat kegiatan mengatakan bahwa KPU Prov Sultra sangat mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan di Fisip Fest ini termasuk yang kita laksanakan pada hari ini, mulai pagi tadi jalan santai dan yang tengah berlangsung sekarang yaitu Simulasi Pemungutan Suara, kami berharap dengan dilakukannya simulasi ini para pemilih pemula memiliki pemahaman dasar mengenai tata cara pemungutan suara, terbiasa dengan proses pemungutan suara yang bermuara pada tumbuhnya kesadaran untuk berpatisipasi dalam setiap tahapan pemilihan. Lebih lanjut menurut hidayatullah, tadi Bapak Iwan Rompo sudah menjelaskan secara rinci dan lebih ringan mengenai seluruh proses yang berlangsung di TPS, semoga apa yang disampaikan tersebut dapat mudah diterima oleh peserta simulasi.

Kami berharap kegiatan Fisip Fest yang turut dihadiri oleh Ketua DPRD Prov Sultra dan Dekan Fisip UHO ini dapat berdampak positif terhadap semangat untuk meningkatkan partisipasi pemilih khususnya dikalangan anak muda menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, 27 Juni 2018 dan Pemilu 17 April 2019. Ujar Hidayatullah

Dalam proses simulasi pemungutan suara yang dilaksanakan, pasangan calon Nanas dan Salak berhasil mengungguli perolehan suara pasangan calon lainnya, Proses simulasi ini,selain dipantau oleh komisioner KPU Prov Sultra turut juga dipandu oleh Komisioner KPU Kota Kendari, Asril. (PPID KPU Prov Sultra)