KPU Prov Sultra, Hadiri Rakor Divisi Teknis KPU Se – Indonesia

Yogyakarta, sultra.kpu.go.id, Menghadapi penyelenggaraan Pemilihan serentak Tahun 2018 di 171 daerah se-Indonesia dan Pemilihan Umum Tahun 2019, KPU RI menggelar Rapat Koordinasi Divisi Teknis Penyelenggara Tahun 2017, 2-4 Agustus 2017 di Provinsi Jogyakarta. Bertempat di hotel Royal Ambarrukmo, acara rakor tersebut dibuka resmi oleh 

Ketua KPU RI Arief Budiman, Dalam sambutannya, Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan bahwa hasil Pemilu yang kredibel dihasilkan oleh penyelenggara Pemilu yang berkualitas dan berintegritas. “Ini harus ditekankan agar persoalan dapat diselesaikan dengan baik. Mudah-mudahan (rakor) ini bermanfaat dan membuat Pemilu dan demokrasi di Indonesia menjadi lebih baik,”tegas Arief. 

Rakor yang mengusung tema “be a good electoral officer” ini turut dihadiri oleh Anggota KPU RI, Kepala Biro Tekmas, Kepala Biro Hukum dan jajaran sekretariat Jenderal KPU RI, Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali, Wakil Gubernur Provinsi DI Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam X, Peserta Rakor yang berasal dari Divisi Teknis dan Kabag HTH KPU Provinsi Se Indonesia.

Kordiv Teknis KPU Provinsi Sulawesi Tenggara Iwan Rompo Banne yang menghadiri kegiatan tersebut mengatakan bahwa dalam kegiatan ini, beberapa tema krusial yang menjadi agenda pembahasan, yaitu kesiapan penyelenggara dalam melaksanakan tahapan Pemilihan serentak Tahun 2018 yang beririsan dengan tahapan Pemilu Tahun 2019, Penyusunan Daerah Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota. Selain itu Iwan menambahkan rakor ini berjalan dengan pembagian dua kelompok diskusi, Kelompok A membahas Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara, sementara kelompok B membahas Daerah Pemilihan dan Pencalonan baik itu Pilkada maupun Pemilu.

Hasil dari pembahasan kedua kelompok tersebut, dirangkum dan menjadi rencana tindaklanjut. (Hupmas KPU Prov Sultra)