KPU PROVINSI SULAWESI TENGGARA GELAR SOSIALISASI PENCALONAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI SILON DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SULAWESI TENGGARA 2018

Kendari, sultra.kpu.go.id. Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tenggara terus memantapkan persiapan-persiapan sebelum memasuki tahapan Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Tahun 2018, guna memastikan kecukupan informasi terkait syarat calon dan syarat pencalonan kepada peserta pemilihan maupun kepada partai-partai pengusung, KPU Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan sosialisasi pencalonan dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) bertempat di Aula HKM Kantor KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa 14 November 2017. Dalam kegiatan tersebut, hadir perwakilan pengurus masing-masing Partai politik tingkat provinsi, Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur melalui jalur perseorangan dan wartawan media massa.

Iwan Rompo Banne Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tenggara selaku kordiv teknis didaulat membuka acara dengan resmi, dalam sambutannya Iwan Rompo Banne mengatakan bahwa dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka Tahapan Pencalonan Pilgub Sultra 2018 yang akan memasuki tahapan pencalonan perseorangan sehingga KPU berkewajiban mensosialisasikan syarat-syarat pencalonan maupun syarat calon baik itu yang nantinya akan diusung oleh partai politik maupun calon yang berasal dari jalur perseorangan.

Lebih lanjut menurut Iwan Rompo, yang tidak kalah pentingnya dari dilaksanakannya sosialisasi ini yaitu KPU Provinsi Sulawesi Tenggara turut mensosialisasikan Aplikasi SILON yang akan digunakan dalam tahap pencalonan nantinya, utamanya bagi bakal pasangan calon perseorangan yang harus mengiput dukungannya dalam aplikasi tersebut. SILON merupakan Aplikasi yang wajib digunakan, baik itu dari KPU sendiri selaku penyelenggara maupun peserta pemilihan serentak nantinya sebagaimana ketentuan dalam PKPU 3 Tahun 2017.

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan selama satu hari ini juga di isi dengan pemaparan materi terkait syarat calon dan syarat pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara tahun 2018 oleh DR. La Ode Abdul Natsir selaku Kordiv Parmas sekaligus Wakordiv Teknis KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam kesempatan ini La Ode Abdul Natsir menguraikan poin-poin penting yang menjadi syarat calon dan pencalonan.

Diakhir kegiatan sosialisasi ini, diperkenalkan dan disimulasikan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan kepada bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara melalui jalur perseorangan oleh operator-operator SILON KPU Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah mengikuti Bimbingan Teknis Operator SILON yang diselenggarakan oleh KPU RI.

Merujuk pada tahapan Pilgub Sultra 2018, bagi masyarakat yang berkeinginan menjadi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara periode 2018-2023 melalui jalur perseorangan sudah harus menyerahkan dukungan KTP pada tanggal 22 s.d. 26 November 2017 di Kantor KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, minimal sebanyak 170.825 dukungan yang tersebar di minimal 9 Kab/Kota dalam wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. (PPID KPU Prov Sultra)