KPU PROVINSI SULAWESI TENGGARA GELAR RAPAT PENYAMPAIAN DAN PENCERMATAN USULAN DAPIL SERTA ALOKASI KURSI PADA PEMILU 2019

sultra.kpu.go.id, Bertempat di Hotel Grand Clarion kendari, Selasa 27 Februari 2018 Pukul 11.00 Wita KPU Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Rapat Penyampaian Usulan Dapil Rekapitulasi dan Pencermatan Usulan Daerah Pemilihan dan alokasi kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Tenggara pada Pemilu Tahun 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Anggota KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara, Kasubag Teknis KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara, Pimpinan Partai Politik tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, dan juga Kepala Bidang Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sulawesi Tenggara.

Rapat dibuka dengan sambutan Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara Hidayatullah, SH. Dalam sambutannya, Hidayatullah mengatakan rapat ini bertujuan untuk mendengarkan perkembangan usulan Dapil dari masing-masing KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara. Usulan Dapil tersebut, telah melalui serangkaian proses termasuk tahapan uji publik oleh masing-masing KPU Kabupaten/Kota. Nantinya seluruh usulan Dapil tersebut akan di plenokan dan hasilnya akan disampaikan kepada KPU RI.

Setelah penyampaian sambutan oleh Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara Hidayatullah, SH, rapat kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan dari masing-masing KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara terkait usulan Dapil dan alokasi kursi Anggota DPRD pada Pemilu 2019.

Sebelum kegiatan ditutup, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara memberikan kesempatan kepada Pimpinan Partai Politik tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara untuk memberikan tanggapan atau masukan terkait usulan Daerah Pemilihan pada Pemilu 2019 yang telah disampaikan oleh KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara.

Pimpinan Partai Politik yang hadir pada kegiatan tersebut memiliki pandangan yang sama untuk disampaikan kepada KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tenggara terkait usulan Dapil tersebut, yakni agar dalam pembagian Dapil tersebut, KPU Kabupaten/Kota agar lebih memperhatikan jarak tempuh, selain itu secara umum apapun yang menjadi keputusan KPU RI nantinya, Pimpinan Partai Politik tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara siap mengikuti keputusan tersebut. (USMAN-KPU PROV SULTRA)