KPU PROV SULTRA TERIMA HASIL PEMERIKSAAN KESEHATAN MENYELURUH BAKAL PASANGAN CALON

Sultra.kpu.go.id, Tim Dokter Pemeriksaan Kesehatan Menyeluruh melalui Direktur Rumah Sakit Bahteramas selaku ketua Tim telah menyerahkan secara resmi hasil test pemeriksaan kesehatan menyeluruh para bakal calon dalam Pemilihan Tahun 2018 Kepada KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, KPU Kota Bau-Bau, KPU Kabupaten Konawe, dan KPU Kabupaten Kolaka pada hari Selasa 16 Januari 2018 bertempat di Aula Husni Kamil Manik (HKM) kantor KPU Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Hidayatullah mengatakan dalam sambutannya bahwa sesuai tahapan pemilihan serentak, bakal pasangan calon telah melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan penyalahgunaan narkotika mulai dari tanggal 8 s.d 14 Januari 2018 dan hari ini alhamdulillah kita semua sudah menerima hasil dari tim dokter, seluruh prosesnya berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang telah disepakati antara KPU Prov Sultra dan Tim Dokter.  Hidayatullah juga menegaskan bahwa hasil pemeriksaan kesehatan yang diserahkan oleh Tim Dokter sangat menentukan, karena hasilnya final dan mengikat.

Lebih lanjut menurut hidayatullah bahwa syarat calon berupa hasil pemeriksaan kesehatan, berbeda dengan persyaratan calon lainnya, yang masih bisa diperbaiki dan masih ada waktu untuk dilengkapi. Tapi kalau tes kesehatan ini tidak memenuhi syarat, maka bakal calon tersebut dianggap gugur, sehingga sesuai Pasal 54 ayat 4 Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, yang bersangkutan bisa diganti oleh partai pengusung. Jika bakal calon gugur karena tak memenuhi syarat kesehatan jasmani dan rohani serta positif narkotika, maka yang bersangkutan bisa digantikan dengan calon yang baru. Aturan ini juga berlaku bagi bakal calon independen (perseorangan) yang ada dua paslon di Kota Bau-Bau dan satu paslon di Kabupaten Konawe.

Penyerahan hasil tes pemeriksaan kesehatan ini turut dihadiri oleh Kordiv Teknis KPU Prov Sultra, Bawaslu Prov Sultra, Tim Dokter (yang terdiri dari IDI Sultra, HIMSI Wilayah Sultra, BNN Prov Sultra), KPU Kabupaten/Kota dan Panwas Kabupaten/Kota Penyelenggara Pemilihan tahun 2018 di Provinsi Sulawesi Tenggara serta Wartawan Media Masa.

Koordiv teknis KPU Prov Sultra Iwan Rompo Banne menambahkan bahwa, setelah penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan ini, Tim Verifikasi KPU Prov Sultra akan memeriksa hasilnya dan akan disampaikan kepada Bakal Pasangan Calon bersamaan dengan hasil penelitian dokumen syarat calon lainnya melalui rapat pleno terbuka yang telah dijadwalkan pada hari Rabu, 17 Januari 2018 pukul 14.00 Wita. (PPID KPU Prov Sultra)