HARAPKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA MENINGKAT, KPU PROV SULTRA KERJASAMA FISIP – UHO GELAR FISIP FEST BERTAJUK #ANAK MUDA MEMILIH

Kendari, sultra.kpu.go.id, Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, KPU Provinsi Sulawesi Tenggara menerima tawaran kerjasama FISIP Universitas Haluoleo menggelar Fisip Fest dengan tema Anak Muda Memilih. setelah koordinasi antara panitia penyelenggara dan KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, hari ini Sabtu, 9 Desember 2017 bertempat di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, kegiatan Fisip Fest resmi terselenggara, kegiatan yang akan berlangsung hingga tanggal 10 Desember dimulai dengan kegiatan Seminar Nasional dan Prosiding “Media, Politik dan Anak Muda. KPU Provinsi Sulawesi Tenggara diwakili oleh Kordinator Divisi SDM, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, La Ode Abdul Natsir di daulat menjadi narasumber bersama Amirul Tamim (Anggota DPR RI asal Sultra), Abdurahman Saleh (Ketua DPRD Prov Sultra), Prabunindya Revta Revolusi (Akademisi Sekaligus Jurnalis CNN), dan Lupita Ardhyaninggrum (Pemenang Kampanye HeForShe PBB).

Ketua KPU Prov Sultra, Hidayatullah yang memberikan sambutan pada kegiatan seminar tersebut mengatakan bahwa kegiatan seperti ini adalah sangat membantu penyelenggara pemilu dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih agar bisa memilih secara cerdas dan memulihkan kualitas pemilih yang cenderung masih terjebak dalam pragmatisme, tidak terkecuali terhadap pemilih pemula dan pemilih muda yang persentasenya mencapai 30% dalam data-data partisipasi pemilih pada setiap pemilu maupun pemilihan. Lebih lanjut menurut Hidayatullah, dengan kegiatan seperti ini dapat meningkatkan literasi politik kaum muda untuk mengetahui segala hal terkait pemilihan. KPU berharap dengan adanya kegiatan yang diprakarsai oleh kaum muda seperti hari ini kedepannya dapat meminimalisir angka golput pada tingkat pemilih muda yang secara sukarela hadir di TPS untuk menyalurkan hak pilihnya ataupun turut berpartisipasi disetiap tahapan pemilihan dan pemilu.

Setelah kegiatan seminar di hari pertama rangkaian kegiatan FISIP Fest yang dihadiri oleh ribuan peserta ini, turut dirangkaikan dengan lomba Duta Muda Pemilih yang berhasil diraih oleh Thamrin Setiawan (Kategori Laki-Laki) dan Fhebrianthi Utomo Putri (Kategori Perempuan). Di sesi pemilihan Duta Muda Pemilih, Komsioner KPU Provinsi Sulawesi Tenggara di daulat menjadi dewan juri, yaitu Hidayatullah (Ketua KPU Prov Sultra), Dr. La Ode Abdul Natsir (selaku Kordiv SDM dan Parmas) dan Iwan Rompo Banne, S.Sos.,M.Si (Anggota KPU Prov Sultra selaku Kordiv Teknis)

Berdasarkan Agenda kegiatan, di hari ke dua, 10 Desember 2017 dalam rangkaian Fisip Fest akan dilangsungkan Jalan Santai, Simulasi Pemungutan Suara, Pengumuman Juara Lomba Poster Anak Muda Memilih, Pengumuman Lomba Video Anak Muda Memilih, dan kegiatan lainnya. (PPID KPU Prov Sultra)